Album So7 Berlayar

         Berlayar adalah sebuah album musik utama karya Sheila On 7. Dirilis pada tahun 2011. Sejak album 507 yang dirilis tahun 2006 lalu, praktis gaung Sheila On 7 di blantika musik Indonesia seolah nggak terlalu kedengaran lagi. Hits Pemenang yang ada di album itu pun seakan-akan menjadi hits terakhir yang bisa mengingatkan telinga orang-orang akan grup asal Yogyakarta ini. Padahal setelahnya, masih ada album Menentukan Arah yang dirilis tahun 2008. Pun album itu dianggap nggak bisa mengembalikan kejayaan Sheila On 7 seperti di awal-awal debut mereka pada penghujung 90-an dan awal 2000-an. Hits Mudah Saja juga nggak bisa menggebrak dan lantas menjadi #1 hit di berbagai chart musik selama berminggu-minggu seperti Sephia atau JAP (Jadikan Aku Pacarmu) beberapa tahun silam. Apalagi di tengah gempuran band-band baru beraliran pop melayu yang belakangan kian marak, praktis mereka seolah “mati suri”. Tapi salah kaprah kalau menganggap kreatifitas mereka juga ikut-ikutan stagnan karena itu. Meskipun beberapa kali mengalami masalah internal, seperti ditinggal personilnya—Sakti dan Anton—tapi Sheila On 7 tetap melaju dan “berlayar” seperti judul album barunya kali ini.
      Bukan merupakan “sequel” album sebelumnya meskipun ada konjungtifitas title di antara keduanya, Menentukan Arah (2008) dengan Berlayar (2011). Dan selalu ada satu hal yang menjadi ciri khas: musik mereka kaya. Kalau dulu biola atau orkestra biasanya menjadi elemen tambahan yang mengiringi hampir keseluruhan lagu, di album Berlayar ini mereka memberi kesegaran baru dengan menambah sentuhan perkusi. Salah satunya seperti di lagu Have Fun. Walaupun didominasi irama medium-beat yang nge-rock tapi tabuhan tabala di lagu ini membuatnya sangat terdengar catchy dan, yah, benar-benar bisa bikin kita have fun. Rekomendasi lain, coba dengarkan Pasti Ku Bisa yang menjadi single andalan kedua mereka. Lead guitar Eross yang melodis, petikan bass Adam yang dalam, suara hangat Duta yang renyah dan gebukan drum Brian yang ritmik memiliki keunikan tersendiri sehingga menghasilkan harmonisasi irama khas Sheila On 7—lebih dikenal dengan istilah sheila music—yang sampai sekarang pun sepertinya cuma mereka satu-satunya band yang memiliki “genre” ini.
         Keistimewaan lain, di album ini ada dua lagu baru dalam bahasa Inggris, On The Phone dan Perfect Time yang memberi kesan berbeda. So, overall, album Berlayar patut diacungi jempol karena, sekali lagi, di tengah dominasi band-band beraliran pop melayu atau musisi karbitan yang melejit dengan hits yang terkesan “asal jadi”, Sheila On 7 tetap membuktikan diri sebagai salah satu musisi papan atas yang karyanya nggak akan pernah bosan didengar berulang-ulang.

Daftar lagu

  1. Have Fun
  2. Pasti Ku Bisa
  3. Hujan Turun
  4. On The Phone
  5. Hari Bersamanya
  6. Berlayar Denganku
  7. Perfect Time
  8. Kamus Hidupku (Demo Version)
  9. Bait Pertama
  10. Hari Bersamanya (Accoustic Version) 
Label Sony Music Indonesia
Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar