IPA SD Kelas IV



ENERGI DAN PENGGUNAANNYA
Energi  Panas
Pernahkah kamu berjalan di siang hari yang panas? Apakah yang kamu rasakan?
Kamu tentu akan merasakan panas karena energi panas dari sinar matahari.

1. Sumber Energi Panas
Matahari menyinari bumi, sehingga siang hari tampak terang benderang. Adanya sinar matahari juga menjadikan bumi ini hangat. Matahari menyimpan energi panas yang tidak pernah habis. Apakah energi panas itu? Adakah sumber energi panas selain matahari?
Gesekan dua buah batu secara terus menerus dapat menghasilkan energi panas. Nenek moyang kita membuat api dengan cara menggesekkan batu. Jika batu terus digesekkan, lama kelamaan dari antara kedua batu itu muncul percikan api. Api inilah yang digunakan nenek moyang untuk menyalakan tungku masak.Namun di zaman sekarang, kita tidak perlu menggesek-gesekkan batu untuk membuat api.Kita hanya perlu menggesekkan batang korek api atau menyalakan pemantik api otomatis. Kemudian api menyala.
 Jadi bukan hanya matahari yang menjadi sumber energi panas. Energi panas dapat diperoleh dari berbagai sumber lainnya. Semua yang dapat menghasilkan panas disebut sumber panas. Gesekan dua benda menyebabkan timbulnya energi panas. Lilin menyala menghasilkan panas.Sumbu kompor yang dinyalakan juga menghasilkan panas untuk memasak makanan.


 2.  Perpindahan Energi Panas
Panas dapat berpindah dari tempat yang panas ke tempat yang lebih dingin. Gagang sendok semula tidak panas (dingin), tetapi setelah ujungnya ditempelkan pada api lilin yang panas,sendok menjadi panas. Panas berpindah dari api lilin ke sendok. Jadi, panas dapat berpindah dari sumbernya ke tempat lain. Perpindahan panas seperti percobaan di atas disebut konduksi.
Konduksi yaitu perpindahan panas melalui suatu zat perantara tanpa disertai perpindahan partikel-partikel zat tersebut. Adapun perpindahan panas yang disertai dengan perpindahan partikel zat disebut konveksi. Contoh konveksi adalah perpindahan panas pada air. Ada juga perpindahan panas dengan pancaran atau radiasi. Contohnya energi panas yang berasal dari pancaran sinar matahari terasa pada kita yang ada di bumi. Dapatkah kita mencegah perpindahan panas? Jawabnya tentu tidak. Perpindahan panas akan tetap terjadi dari tempat yang panas ke tempat yang lebih dingin. Namun, kita dapat memperlambat perpindahananas itu. Misalnya dengan memasukkan air panas ke dalam termos. Termos dapat memperlambat perpindahan panas, tetapi tetap tidak mampu mencegahnya. Setelahbeberapa hari atau minggu, air panas dalam termos akan menjadi dingin.
Termos dapat memperlambat perpindahan panas. Air panas yang dimasukkan ke dalam termos dapat tetap panas untuk waktu yang lama. Bagian dalam termos terbuat dari botol kaca yang dindingnya berlapis dua. Dinding gelas dicat dengan warna putih perak. Ruang hampa antara kedua dinding botol dan cat putih perak  dapat memperlambat perpindahan panas. Bagian atas termos ditutup dengan gabus atau plastik tahan panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar